Jumat, 05 Agustus 2016

Menulis lagu rap

hello gaes,menurut kalian susah gak sih menulis lagu?? seberapa besar tingkat kesulitannya atau menurut kalian gampang banget. its okayy,itu tinggal jiwa seni kalian yang bisa menentukan. dalam artikel kali ini saya coba berbagi tentang pengalaman saya sendiri dalam menulis lagu.
Enggak ada yang susah di dunia ini jika kita berniat dan sungguh-sungguh menekuni,seperti hal nya dengan kita yang menggeluti dunia musik khususnya hiphop/rap. yang notabene di dalam penyampaian lagunya mengandalkan lirikalitas yang berbobot,bukan hanya sekedar menulis dan menyebar.harus kalian ingat dan sadari bahwa lagu hiphop/rap selalu mengutamakan lirikalitas.
                                                        

sebagian besar musisi rap selalu menghias lagu-lagu mereka dengan skills dan kreatifitas dalam hal mengolah kata ataupun bermain rima. Namun hal yang paling penting adalah EMOTIONAL RESPONSE yang membuat pendengar terbius.Lirik yang bagus nan juara akan membuat pendengar menangis,tertawa,bahagia,sedih,merasa bangga,terbawa suasana dan segalanya. itulah EMOTIONAL RESPONSE.

Di dalam menulis lirik kita juga harus pandai dalam menggunakan,mengolah,serta memanipulasi kata-kata.itulah yang di sebut Permainan kata (Wordplay). Rapper-rapper besar yang terkenal selalu menggunakan permainan kata untuk menarik perhatian pendengar.coba simak kutipan dua baris pertama dalam lagu saya yang berjudul "Jangan Putus Asa".
           
                 lets do it heyy,jangan diratapi problematika hidup dari hari ke hari
                 birokrasi terjangkit komplikasi belum selese satu harus ada lagi
banyak kata yang bisa kita jadikan vocabulary dalam kehidupan sehari-hari.

 


Menggunakan lirik VISUAL juga perlu untuk membantu pendengar merasakan isi dalam lagu sehingga terbawa dalam suasana,bahkan orang buta pun dapat melihat. sebagai contoh lirik lagu saya yang berjudul "ABG (Ancene Bocah Gebul)"
                                     
                              Ono-ono wae polahe nang ratan ugal-ugalan
                              Ngrusuhi kahanan senenge mung mabuk-mabuk'an
                              Cangkruk prapatan celono suek rambut di cet abang
                              Antem-anteman jotosan iku sing lanang
                              Numpak motor kebut-kebutan gayane niru simonceli
                              Ndilalah golong koming ngambung aspal nibo nangi
                              Po ra eman motormu iku lagi wae di utangi
                              Cicilan kredit wae lagi telung dino punjul suwengi
Dan yang akan anda rasakan adalah keadaan dimana anak-anak jaman sekarang melakukan hal-hal tolol,entah itu di jalanan atau tempat penjual minuman keras.dan di lirik itu jelas sekali mengandung pesan moral.

MAJAS?? yapp,juga harus di perhatikan dalam menulis sebuah lagu MAJAS juga penting agar lirik kita tak terkesan monoton dan menimbulkan kesan imajinatif.ada empat jenis majas,namun kita pakai sesuai apa yang kita ingin katakan.perlu di ingat rap adalah semua tentang apa yang kalian katakan dan bagaimana kalian mengatakannya.
coba cermati lirik lagu saya yang berjudul "Senja di Bojonegoro".
                                 
                                    kutulis puisi sore itu di khayangan api
                                    nikmati angin membelai rumput dan ranting jati
                                    mentari mengintip di balik nyala api abadi
                                    tak sanggup ku memuja jika hanya dalam hati
Indah sekali bukan???


okay lanjut..!! Sebuah punch line juga tak kalah penting karena ini bagian lirik yang paling diingat para pendengar.Buat punch line yang memukau,semakin unik dan keren cara untuk menyampaikan, semakin lirik itu akan diingat oleh pendengar.

Ingat Rap adalah semua tentang apa yang kalian katakan dan bagaimana kalian mengatakan. Oleh karena itu isi lirik harus sesuai dengan nada emosional instrumental dan sebaliknya. Jika ingin menulis lirik untuk sebuah instrumental yang sudah diatur,maka isi lirik harus mencerminkan nuansa instrumental tersebut.karena banyak rapper yang asal aja membuat lagu,sering saya temuin lagu yang instrumentnya ngebeat namun isinya tentang cinta yang galau-galau begitu sebaliknya,WTF masbrooo...kan aneh bingits jadinya!!!

Well,lets do the best to be great!!! Respect hiphop indo..:) and keep support hiphop local :)

6 komentar: